PROGRAM BARU: Mulai 1 Desember 2016, Setiap Hari Jum'at Siswa dan Pegawai Pemerintah Wajib Pakai Sarung dan Peci Hitam

Bapak/Ibu dimanapun anda berada, selamat pagi salam hangat untuk kita semua, jumpa lagi dengan kami pada situs berita pendidikan terbaru..berikut kami akan bagikan informasi mengenai...

pelangiguru -- Kebijakan mewajibkan mengenakan sarung dan peci hitam bertujuan membangkitkan suasana pesantren dan nilai-nilai santri di kalangan para pelajar dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta kata Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dalam sambutan peringatan Hari Santri Nasional di Taman Pesanggarahan Padjadjaran, Sabtu (22/10).

Sarung merupakan identitas Islam nusantara. Setiap daerah di Indonesia, memiliki kain sarung yang khas. Untuk itu, sarung telah menjadi simbol persatuan bangsa.

"Sarungan itu khas Indonesia, khas nusantara. Di tatar Sunda ada istilah samping atau sinjang untuk sarung, di Jawa mungkin istilahnya berbeda, begitu pun Makassar, Bali dan Kalimantan. Semua memiliki kekhasannya tersendiri. Kesamaannya satu, tetap sarungan. Maka sarung dalam hal ini merupakan simbol persatuan bangsa," kata Dedi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (23/10).

Kang Dedi, sapaan Dedi Mulyadi menambahkan, kebijakan mengenakan sarung merupakan diharapkan dapat menginternalisasi semangat patriotisme dan nasionalisme kaum santri. Dikatakan, kaum santri telah menunjukkan nilai-nilai nasionalisme terutama dalam melawan kolonialisme.

"Perang melawan kolonialisme dulu itu digerakkan oleh kaum sarungan. Ini luar biasa, nasionalisme mereka tidak perlu dipertanyakan lagi. Mereka tegak menegakkan kedaulatan bangsa Indonesia," ungkapnya.

(Baca Juga:

Dedi menyatakan, kebijakan mengenakan sarung dan peci hitam hanya berlaku pada pelajar dan pegawai pria muslim. Dedi mempersilakan pelajar dan pegawai lainnya untuk mengenakan sarung khas Indonesia atau pakaian yang melambangkan nilai spiritualitas agamanya masing-masing.

Dikatakan, kebijakan menggunakan kain sarung setiap hari Jumat mulai berlaku pada 1 Desember 2016 mendatang, berbarengan dengan kebijakan belajar baca tulis Al Quran, Qiroah, dan Kitab Kuning dan Kitab lain sesuai dengan ajaran agama yang dianut oleh pelajar Purwakarta.

Untuk info selengkapnya klik DISINI.!

Kami akan senantiasa memberikan berita terbaru, teraktual, terpopuler, yang dilansir dari berbagai sumber.
Demikian Informasi yang bisa kami sampaikan, Apabila bermanfaat dipersilahkan untuk dibagikan....
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


Sumber: beritasatu

0 Response to "PROGRAM BARU: Mulai 1 Desember 2016, Setiap Hari Jum'at Siswa dan Pegawai Pemerintah Wajib Pakai Sarung dan Peci Hitam"

Poskan Komentar